Lihat Cepat

Senin, 26 Oktober 2020

Pertemuan Selasa, 27 Oktober 2020 Kelas XII IPS/MIPA : Memilih Pigura untuk Lukisan

Pigura, bingkai atau frame adalah material yang berbentuk segi empat, lingkaran, segi lima, dll yang terbuat dari kayu, besi, bamboo, acrylic atau kombinasnya. Pigura selain berfungsi mempercantik penampilan sebuah karya lukisan, bisa juga menjadi bagian dari lukisan, dan untuk membantu mengawetkan lukisan dari rengat/kutu atau jamur.

Nggak ada aturan baku dalam memilih pigura, namun ketepatan memilih pigura akan mambantu menaikkan kualitas karya. Sebaliknya, pemilihan yang kurang tepat akan membuat karya terlihat norak dan tidak menarik.

Nah, pada kesempatan ini Pak Gami akan menjelaskan macam-macam pigura

A.   Berdasarkan materialnya.

1.  Pigura Kaca : yaitu pigura yang dilengkapi dengan kaca pada bidang tengahnya. Pigura kaca biasanya digunakan untuk membingkai karya lukisan dengan material kertas sebagai bidang gambarnya. Penggunaan kaca, berfungsi untuk menjaga agar material kertas tidak cepat rusak jika lukisan terkena air, dan mengamankan dari serangga.

Jadi, jika pada tugas akhir ini kalian menggunakan bahan dasar/bidang gambar kertas maka pilihan piguranya adalah pigura yang berkaca.


 

2.   Pigura Kayu (tanpa kaca); yaitu pigura yang berupa bingkai kayu berbentuk segi empat, empat persegi panjang, dll. Pigura kayu ini tepat digunakan pada lukisan dengan bahan dasar kanvas, atau kain dan bahan pewarna berbasis minyak/tidak larut dalam air. Untuk lukisan-lukisan dengan kanvas dan cat minyak, biasanya aman dari serangga dan tidak luntur terkena air sehingga tidak memerlukan kaca sebagai pelindungnya.

            


B.    Berdasarkan ketebalan

Di pasaran pigura dibuat dalam berbagai variasi ketebalan mulai dari tebal 1 cm hingga sekitar 15 cm. Dalam praktiknya, tebal tipisnya pigura yang akan kalian pakai hendaknya disesuaikan dengan corak lukisan. Untuk lukisan dengan corak abstrak, ekspresionis, lukisan batik akan lebih tepat jika menggunakan pigura kayu (tanpa kaca) dengan ketebalan antara 1 – 2 cm saja. Sedangkan untuk lukisan bercorak realis/naturalis, pemandangan alam, dekoratif akan sangat cocok dengan pigura yang berukuran lebar (5 – 15 cm).

 


C.    Berdasarkan desain

Bentuk desain pigura juga sangat beragam, mulai dengan desain yang sederhana, rumit/ekslusif, hingga minimalis. Untuk lukisan abstrak, ekspresionis, dan batik lebih bagus jika menggunakan desain yang minimalis. Untuk lukisan bercorak realisme, pemandangan alam, dan dekoratif cocok dengan model yang berukir/eksklusif.

     


Lalu, bagaimana dengan lukisan kalian? Yaa silakan saja disesuaikan dengan bentuk dan fungsi pigura sebagaimana Pak Gami jelaskan di atas. Oh, ya…soal harga. Yang paling murah pastinya yang berbahan kayu minimalis ya… tapi, jika kita ingin lukisan kita tampil menawan silakan gunakan pigura yang sesuai dari aspek bentuk, ukuran maupun desainnya.

Jika ada kesulitan, silakan berkonsultasi dengan Pak Gami melalui kotak komentar di sini atau melalui WA. Terima kasih.

Tidak ada komentar: