Lihat Cepat

Senin, 21 September 2020

Pertemuan ke-10 Seni Budaya Kelas XII IPS/MIPA : Membuat Rancangan Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi

Salah satu tugas akhir dalam pembelajaran seni budaya (seni rupa) adalah penyelenggaraan pameran karya siswa. Kegiatan pameran akan dilaksanakan di penghujung kegiatan pembelajaran kelas XII. Namun perlu diketahui bahwa pembelajaran seni budaya di kelas XII dibagi dalam dua rumpun yaitu seni rupa (di semester 1) dan nantinya di semester 2 adalah seni musik tradisional/gamelan.

Untuk itu tugas akhir pembelajaran seni rupa harus dikerjakan pada semeseter 1 ini. Tugas akhir seni rupa adalah membuat karya seni rupa 2 dimensi, dalam hal ini adalah seni lukis. Dipilihnya seni lukis sebagai tugas akhir karena cabang seni rupa yang satu ini memiliki kompleksitas/keragaman yang tinggi dalam bidang seni rupa. Ada banyak aspek pembelajaran yang bisa kita dapatkan saat kita berkarya seni lukis, baik aspek teknis, filosofis maupun aspek sosial budaya.

Siswa diberikan kelonggaran untuk memilih media lukis, tema lukisan, dan teknik yang digunakan. Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan siswa berkreasi sesuai dengan keinginan dan fasilitas yang ada. Jadi, kalian boleh melukis di atas kertas dengan cat air, cat poster, atau pastel/crayon. Kalian boleh juga melukis di atas kanvas dengan cat minyak atau acrylic. Tema lukisan bisa dipilih seperti potret wajah, flora (tumbuhan, buah dan bunga), fauna (mamalia, unggas, reptil, dll) atau melukis alam benda dan pemandangan alam juga boleh.

Hal yang paerlu diperhatikan dan menjadi fokus penilaian adalah bukan semata-mata hasil akhir karya lukis yang kalian kerjakan. Dalam pembelajaran, penilaian dilakukan dengan tetap menghargai proses berkarya. Artinya, siswa tidak boleh mengirimkan/mengumpulkan karya tanpa menunjukkan tahap-tahap berkarya. Dalam pembelajaran tatap muka terdahulu, misalnya, siswa harus menunjukkan proses berkarya di sekolah dan di rumah. Karya siswa dipantau dari pertemuan satu ke pertemuan berikutnya untuk menjamin bahwa karya siswa adalah murni karya mereka sendiri.

Adapun tahap-tahap berkarya seni rupa dua dimensi meliputi :

1. Membuat rancangan berkarya

2. Menyiapkan alat dan bahan

3. Membuat sketsa pada kertas/kanvas

4. Melakukan penyelesaian karya

5. Peyelasian akhir/Pemberian bingkai

6. Pameran tugas akhir.

Untuk pertemuan kali ini tugas siswa adalah membuat rancangan berkarya. Rancangan berkarya memuat : 1) Identitas siswa, 2) Jenis Karya : Lukisan/batik, 3) Alat dan Bahan, 4) Tema Lukisan, 5) Waktu pengerjaan, dan 6) Deskripsi karya.

Untuk membuat rancangan berkarya silakan membuka link berikut ini.

Link Rancangan Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi


Jika kalian menginginkan untuk melihat karya tugas akhir siswa kelas XII tahun pelajaran yang telah lalu (2019/2020) dapat membuka link youtube Pak Gami (Gami Sukarjo), diantaranya:

https://www.youtube.com/watch?v=Ek5IDo1saak&t=36s